Punya Kamera Mirrorless atau DSLR, Tapi Sudah Punya Ini Belum?

kamera mirrorless

Sekarang ini makin banyak orang yang memiliki kamera mirrorless maupun DSLR. Baik untuk hobi, penunjang saat traveling (fungsi dokumentasi) atau untuk urusan kerja (buat vlog, dsb). Apakah Anda salah satunya?

Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana cara Anda merawat dan menyimpan kamera tersebut? Apakah hanya disimpan begitu saja di dalam kamar, di dalam lemari atau di dalam tas kamera?

Tahukah Anda, cara menyimpan kamera seperti ini dapat menyebabkan lensa kamera mirrorless dan DSLR Anda jadi berjamur? Dampaknya terhadap kamera bisa bermacam-macam. Seperti fokus lensa meleset, hasil foto berbintik-bintik karena bayangan jamur, dsb.

Sayang sekali kan kamera dan lensa Anda jadi rusak karena jamur? Jika lensa kamera sudah berjamur, satu-satunya cara adalah lensa dibongkar dan dibersihkan oleh ahlinya. Harga pembersihan lensa ini tidak terbilang murah.

Maka dari itu, fotografer profesional biasa menyimpan kamera dan lensanya di dalam dry box atau dry cabinet. Bedanya dry box dan dry cabinet adalah di ukurannya. Seperti namanya, dry box adalah penyimpanan berbentuk kotak dan biasanya berukuran kecil.

Krisbow Dry Box

Sementara dry cabinet adalah penyimpanan berbentuk lemari dan biasanya harus terhubung dengan listrik. Fungsi dry box dan dry cabinet sebenarnya sama, yaitu untuk mengatur kadar kelembaban ruangan yang ada di dalamnya.

Krisbow Dry Cabinet

Untuk kamera dan lensa misalnya, kadar kelembaban yang disarankan umumnya adalah 40 – 50%. Pada dry box dan dry cabinet biasanya ada hygrometer atau indikator kelembaban. Dry cabinet yang dicolok listrik pastinya lebih stabil.

Untuk mengatur kadar kelembaban, dry box menggunakan silica gel. Ada yang elektronik (bisa di-charge ulang), ada juga yang non-elektronik. Perbedaan lainnya adalah harga dry box jauh lebih murah dibandingkan dry cabinet.

Jadi bagi Anda yang hanya memiliki satu kamera saja, semestinya dry box sudah cukup. Jika Anda termasuk orang yang sering membawa kamera untuk aktivitas outdoor misalnya diving, hiking, dsb., ada dry box portabel.

Tidak sulit untuk mendapatkan dry box portabel yang berkualitas namun harganya terjangkau. Di ACE Hardware ada dry box portabel Krisbow yang dilengkapi hygrometer dan tali jinjing layaknya tas kamera.

Krisbow Dry Box Opened

Bahannya kuat, dari plastik berkualitas dan water resistant karena menggunakan sistem tight lock. Bagian dalamnya menggunakan busa lembut supaya kamera dan lensa aman dari goresan. Disediakan sekat-sekat yang dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan.

Dry box portabel Krisbow ini menggunakan silica gel non-elektronik (tidak di-charge). Indikator fungsional silica gel jenis ini ada pada warnanya. Silica gel yang berfungsi baik warnanya ungu gelap.

Ketika warnanya pink, berarti silica gel tersebut harus dipanaskan untuk melepas kelembaban yang tersimpan. Anda dapat memanaskan silica gel di dalam oven atau microwave selama +/- 60 menit. Cara lainnya adalah dijemur di bawah matahari seharian.

Harga dry box portabel Krisbow ini normalnya adalah Rp399.000. Namun khusus dalam periode promo 9 Januari – 6 Februari 2018, dry box portabel Krisbow ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp319.200 saja.

Selain dry box portabel, aneka dry cabinet di ACE Hardware juga ditawarkan dengan harga lebih murah. Semuanya diskon 20%!

Ayo tiru cara menyimpan kamera dari fotografer profesional. Segera ke ACE dan berikan perlindungan terbaik untuk kamera kesayangan Anda!

Facebooktwittergoogle_plusby feather
Categories: Hobi dan Lifestyle

Comments are closed.